2 Dosen Prodi MPI STAIHA Bawean Ikut Kegiatan Temu Tahunan FPMPI Kopertais IV Surabaya Tahun 2023

MPISTAIHA – 2 orang Dosen Program Studi Manajemen Pendidikan Islam STAI Hasan Jufri Bawean yakni Muwafiqus Shobri, M.Pd.I (Kaprodi MPI) dan Nurul Huda, M.Pd.I (Dosen Tetap MPI) ikut serta menghadiri kegiatan Temu Tahunan FPMPI 2023, Rapat Kerja dan FGD (Forum Group Discussion) yang digelar oleh Forum Prodi Manajemen Pendidikan Islam (FPMPI) Kopertais IV Surabaya di STAI Al Fithrah Kedinding Kenjeran Surabaya pada hari Ahad, 19 Maret 2023.

Forum Prodi Manajemen Pendidikan Islam (FPMPI) merupakan wadah komunikasi dan silaturrahmi bagi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) kopertais wilayah IV surabaya. FPMPI berdiri sejak tahun 2016 hingga saat ini masih eksis sebagai wadah bersama. Beberapa kegiatan telah dan terus dilaksanakan baik kegiatan yang bersifat temu muka (offline) maupun temu maya (online). FPMPI memiliki tujuan untuk menggandeng semua prodi MPI yang berada di kopertais wilayah IV surabaya untuk dapat berjalan beriringan menuju prodi yang unggul dan berkualitas.

Tema kegiatan Temu tahunan FPMI kali ini adalah “Optimalisasi Peran FPMPI untuk kemajuan Prodi MPI Kopertais Wilayah IV Surabaya” dengan berbagai rangkaian kegiatan yang meliputi: 1. Rapat Kerja FPMPI yakni merumuskan program kerja kepengurusan FPMPI tahun 2023-2026. 2. Focus Group Discussion membahas tentang Akreditasi Program Studi MPI oleh LAMDIK 3. Penyerahan Penghargaan kepada Program Studi MPI dan peserta temu tahunan FPMPI 2023.

Kegiatan Temu Tahunan FPMPI 2023 yang disetting ringkas, padat dan full sehari ini dimulai pukul 08.30 wib pada sesi pertama acara pembukaan yang diisi dengan istighasah, sambutan-sambutan dan do’a penutup. Sambutan pertama dari tuan rumah yang diwakili oleh H. Abdul Azis, M.H.I (Wakil Ketua 1 STAI Al Fithrah Surabaya), dilanjutkan sambutan oleh Fathur Rosikh, M.Pd (Ketua FPMPI Kopertais IV Surabaya/Dekan Fakultas Tarbiyah INSUD Lamongan) kemudian sambutan terakhir oleh Dr. Arif Mansyuri, M.Pd. (Ketua Tim Ahli Kopertais IV Surabaya) yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa FPMPI perlu menginisiasi pembuatan buku pedoman kurikulum sebagai acuan khusus untuk semua prodi MPI se Kopertais IV sebagaimana yang telah dibuat oleh PPMPI untuk acuan prodi MPI secara Nasional, selain itu juga mendorong agar para Dosen membuat buku ajar/referensi dan bahwa setiap prodi di wilayah Kopertais IV Surabaya perlu membuat jurnal Prodi masing masing termasuk prodi MPI.

Setelah ISHOMA, kegiatan dilanjutkan sesi kedua yakni FGD terkait Akreditasi oleh LAMDIK (Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan), dalam hal ini Kaprodi MPI STAIMA Al-Hikam Malang (Zaedun Na’im, M.Pd.I) dan Kaprodi MPI INSUD Lamongan (M. Hasyim Rosyidi, M.Pd) sebagai narasumber membagikan pengalamannya terkait proses dan tahapan akreditasi LAMDIK, mulai dari persiapan dan pengisian instrumen akreditasi LAMDIK yakni LED (Data Kualitatif) dan APS (Data Kuantitatif), kemudian daftar akun di SIMA LAMDIK, pembayaran biaya akreditasi, submit borang, hingga pemenuhan AK (Asesmen Kecukupan) dan pelaksanaan AL (Asesmen Lapangan) hingga sertifikat akreditasi LAMDIK tersebut diterbitkan dengan nilai masing-masing; MPI STAIMA Al-Hikam Malang (Baik Sekali) dan MPI INSUD Lamongan (Unggul). Ada banyak pengalaman yang dibagikan termasuk perbedaan saat AL secara daring di MPI STAIMA Al-Hikam Malang dan AL secara luring di MPI INSUD Lamongan juga tentang strategi pengisian 9 kriteria akreditasi lengkap dengan pemenuhan bukti dokumennya.

Pada sesi ketiga diisi dengan Rapat Kerja FPMPI untuk merumuskan program kerja dari masing-masing bidang, yakni: bidang kurikulum dan pendidikan, bidang penelitian dan publikasi, bidang pengabdian dan kerjasama, bidang akreditasi dan penjaminan mutu, serta bidang SDM dan humas. Semua program kerja FPMP Kopertais IV disusun dan dirumuskan dalam upaya untuk meningkatkan kompetensi prodi MPI dalam mengimplementasikan amanat tri darma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, selain itu juga untuk memberdayakan para dosen di lingkungan prodi MPI yang tergabung dalam FPMPI serta menjadikan forum ini sebagai wadah trategis untuk kerjasama antar prodi MPI dan berbagi kebermanfaatan bersama. Kemudian disesi terakhir kegiatan ini diisi dengan penandatangan MoU antar prodi MPI, dilanjut foto bersama dan makan malam bersama di Bebek Sinjay Bangkalan Madura.

Terimakasih kami ucapkan kepada FPMPI & Panitia Lokal STAI Al Fitrah Surabaya atas penyambutanya yang hangat luar biasa, dan terlaksananya kegiatan ini sangat bermanfaat utamanya bagi kami, ada banyak informasi baru, ilmu baru, pengalaman baru yang kami terima khususnya untuk pengembangan prodi MPI STAIHA Bawean kedepan, dan semoga ke depan semua prodi MPI se Kopertais Wilayah IV Surabaya dapat lebih baik dan bermutu dalam segala bidang.

Dalam kesempatan temu tahunan FPMPI kali ini, Prodi MPI STAIHA Bawean menyempatkan MoU dengan dua Prodi MPI baru yakni Prodi MPI STAI KH. Muhammad Ali Shodiq (STAI MAS) Tulungagung dan Prodi MPI STAI Darul Ulum (STAIDU) Banyuwangi.

 79 total views,  1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *