Apa itu Parafrase?

Jadi, apa sebenarnya “parafrase” itu?

Parafrase yakni menulis ulang tulisan orang lain dengan menggunakan kata-kata atau kalimat kita sendiri, serta memastikan bahwa kita tidak merubah arti teks dan tidak menghilangkan informasi apa pun dari teks yang diparafrase.

Parafrase dilakukan untuk dapat menghindari plagiarisme saat pengcekan menggunakan turnitin, berikut adalah lima prosedur sederhana untuk parafrase.

1. Baca ulang teori.
Berulang kali membaca bagian teori yang Anda kutip akan membantu Anda lebih memahami artinya.

2. Catat gagasan utama.
Anda harus mencatat beberapa catatan singkat tentang ide-ide kunci yang dibahas dalam buku, makalah, atau teori yang Anda baca.

3. Buat draf paragraf versi Anda sendiri tanpa mengacu pada sumbernya.
Catat apa yang telah Anda pahami, jangan lihat materi sumbernya, dan ekspresikan diri Anda dalam bahasa pilihan Anda. Perhatikan baik-baik EYD juga.

4. Buat perbandingan dengan teks dalam bentuk aslinya.
Setelah selesai, bandingkan teks parafrasa Anda dengan aslinya, dan sesuaikan dengan parafrasa Anda jika Anda melihat bahwa kalimatnya terlalu mirip.

5. Buat kutipan
Silakan mengutip teks sumber dalam format yang sama seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Mengutip sumber juga dibuat sederhana ketika Anda menggunakan perangkat lunak manajemen referensi seperti Mendeley.

Perlu diingat bahwa ketika Anda memparafrasekan, Anda tidak perlu menggunakan tanda kutip.

Meskipun mungkin Anda sudah cukup familiar dengan proses parafrase, namun masih cukup menantang untuk belajar membuat konten baru yang berbeda dari tulisan awalnya.

Jangan khawatir; Saya punya empat cara yang akan membantu Anda untuk membuatnya lebih sederhana.

  • Anda dapat memulai kalimat pertama Anda di titik yang berbeda dari sumber aslinya.
  • Manfaatkan sinonim; gunakan kata yang mirip jika memang Anda tidak dapat menemukan sinonimnya.
  • Memodifikasi struktur kalimat. Coba tulis ulang kalimat menggunakan kalimat pasif menggantikan kalimat aktif yang digunakan pada teks aslinya, dan sebaliknya.
  • Ubah kalimat panjang menjadi kalimat yang lebih pendek atau gabungkan kalimat pendek menjadi kalimat yang lebih panjang.

Jika Anda sudah mengenal dengan konsep parafrase, silakan dipraktikkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *