Sukses Digelar Kegiatan Presentasi Laporan PKL Manajemen Prodi MPI, dan Inilah Juaranya

MPISTAIHA – Alhamdulillah rangkaian kegiatan PKL Manajemen Prodi MPI STAI Hasan Jufri Bawean Tahun 2023 tuntas sudah, ditandai dengan suksesnya kegiatan hari ini, Ahad 26 Februari 2023 yakni presentasi Laporan Kelompok PKL Manajemen oleh semua mahasiswa peserta PKL Manajemen tahun ini.

Praktek Kerja Lapangan Manajemen Prodi MPI STAI Hasan Jufri Bawean tahun 2023 ini dilaksanakan mulai tanggal 16 Januari s/d 20 Februari 2023 bertempat di 6 lembaga Pendidikan yaitu 1). MA. Nurut Taqwa Sungairujing, 2). SMP Satu Atap Dekatagung, 3). MA. Mambaul Falah Tambilung, 4). SMA Islamiyah Bawean, 5). UPT SMP Negeri 19 Gresik, dan 6). MA. Darul Iman Tambak.

Kegiatan PKL manajemen tahun ini, dimulai dengan pembentukan Panitia, pembagian kelompok PKL, pembekalan peserta PKL, observasi lokasi dan kegiatan di Tempat PKL, penyerahan peserta PKL oleh DPL kepada Lembaga tempat PKL, dilanjutkan dengan pelaksanaan Kegiatan PKL selama 5 minggu, kemudian penilaian PKL oleh teman sejawat, Guru pamong, DPL PKL dan Panitia, pengumpulan laporan kegiatan PKL yang berupa laporan kelompok dan artikel ilmiah (penelitian dan pengabdian) oleh masing-masing peserta PKL dan terakhir ditutup dengan acara puncak presentasi laporan kegiatan PKL oleh kelompok PKL dihadapan dewan penilai yang ditentukan oleh panitia.

Berbagai macam kegiatan telah dilaksanakan oleh semua mahasiswa Prodi MPI peserta PKL mengacu pada pedoman PKL Manajemen Prodi MPI Tahun 2023 yang dalam pelaksanaanya dibimbing, diarahkan dan dievaluasi langsung oleh para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) di masing-masing kelompok dan di lapangan (Sekolah/Madrasah) dibina dan didampingi langsung oleh Guru Pamong yang ditunjuk oleh Kepala Sekolah/Madrasah di lembaga masing-masing.

Adapun ruang lingkup dan focus kinerja mahasiswa selama di Sekolah/Madrasah adalah ikut serta parktik di bidang:

1). Manajemen Kurikulum Sekolah/Madrasah,
2). Manajemen Pendidik Sekolah/Madrasah,
3). Manajemen Peserta Didik Sekolah/Madrasah,
4). Manajemen Tenaga KependidikanSekolah/Madrasah,
5). Manajemen Keuangan Sekolah/Madrasah,
6). Manajemen PembelajaranSekolah/Madrasah,
7). Manajemen Sarana Prsarana Sekolah/Madrasah,
8). Manajemen Perpustakaan Sekolah/Madrasah, dan
9). Manajemen Laboratorium Sekolah/Madrasah.

Berdasarkan laporan kelompok peserta PKL dalam presentasi yang disampaikan memang ada beberapa kendala yang dihadapi di lokasi tempat PKL; misalnya keterbatasan sarana prasarana, signal internet yang lemah, dll.. Namun Alhamdulillah secara keseluruhan dengan adanya support dari berbagai pihak utamanya dari lembaga yang ditempati PKL, mereka merasa bersyukur, senang dan gembira dapat melaksanakan serangkaian kegiatan PKL ini hingga tuntas, selain itu testimoni dari para Kepala Sekolah/Madrasah juga baik bahkan ada yang berharap untuk masa PKLnya ditambah lebih lama.

Sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya maka di akhir rangkain kegiatan PKL ada presentasi laporan kelompok di hadapan Dewan Juri yang selain menilai presentasi laporannya juga menilai luaran yang dihasilkan yakni laporan penelitian dan artikel jurnal (penelitian dan pengabdian) baik yang sudah submit atau belum, juga berdasarkan penilian akumulasi dari Panitia, Guru Pamong dan DPL, maka berdasarkan ketetapan dan keputusan panitia, Nurul HUda, M.Pd.I (Ketua Panitia PPL/PKL 2023) mengumumkan tiga kelompok PKL yang terpilih sebagai juara yaitu kelompok PKL di UPT SMP Negeri 19 Gresik (Juara 1), kelompok PKL di MA. Nurut Taqwa Sungairujing (Juara 2), dan kelompok PKL di MA. Darul Iman Tambak (Juara 3). (adm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *