Kembangkan Karakter Kepemimpinan Mahasiswa STAI Hasan Jufri Bawean Melalui Pelatihan Leadership

MPISTAIHABAWEAN – Sebanyak 20 mahasiswa dari berbagai program studi di Sekolah Tinggi Agama Islam Hasan Jufri Bawean (STAIHA Bawean) mengikuti sebuah pelatihan kepemimpinan yang diadakan di Gedung Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tanggal 30 Mei 2024. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dengan Bidang Kemahasiswaan STAIHA Bawean, dengan tema “Great Leader Strong Character”.

Pelatihan yang bertajuk “Great Leader Strong Character” ini bertujuan untuk mengembangkan karakter kepemimpinan yang kuat pada para mahasiswa, menghadirkan mereka sebagai pemimpin yang mampu membawa perubahan yang positif dalam berbagai lingkup kehidupan. Kegiatan ini dihadiri oleh 20 mahasiswa dari berbagai program studi, termasuk 12 mahasiswa dari MPI, 4 mahasiswa dari Hukum Ekonomi Syariah (HES), 3 mahasiswa dari Hukum Keluarga Islam (HKI), dan 1 mahasiswa dari Pendidikan Agama Islam (PAI).

Sesi pembukaan dimulai dengan sambutan dari Muwafiqus Shobri, M.Pd.I., selaku Kaprodi MPI STAIHA Bawean, yang menyampaikan pentingnya pengembangan kepemimpinan dalam membentuk karakter yang kuat pada mahasiswa. Dilanjutkan dengan materi pertama yang disampaikan oleh Prof. Dr. Imam Machali, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dengan topik “Becoming a Leader”.

Selama kegiatan berlangsung, para mahasiswa diberikan berbagai materi dan kegiatan oleh Tim Leadership Academy (LA) Yogyakarta yang dipimpin oleh Afiq Fikri Almas, M.Pd., Direktur LA Yogyakarta. Beberapa materi yang disampaikan antara lain adalah “Building Academy Commitment”, “Building Self Leadership; Instill Commitment in aim to be a leader”, serta “How to Develop Super Strategy; Raise solid person to achieve vision”. Kegiatan ditutup dengan sesi “Inbound and Leadership Academy Closing”.

Kegiatan ini bukan hanya sekedar pelatihan, tetapi merupakan langkah konkret dalam mempersiapkan mahasiswa menjadi pemimpin yang tangguh dan memiliki karakter yang kuat, ungkap Defi Dachlian Nurdiana, M.Si. (Kepala Bidang Kemahasiswaan STAIHA Bawean) “Kami berharap melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh untuk memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat dan bangsa utamanya di bidang kepemimpinan”

Pelatihan kepemimpinan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam pengembangan potensi mahasiswa, sehingga mereka dapat menjadi pemimpin yang mampu membawa perubahan yang berarti bagi masa depan yang lebih baik.

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *