Pembekalan PLP (Pengenalan Lapangan Pendidikan) Tahun 2024 Prodi MPI STAI Hasan Jufri Bawean

MPISTAIHABawean – Sebagai bagian dari upaya untuk memberikan pengalaman belajar yang holistik kepada mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), STAI Hasan Jufri Bawean menyelenggarakan Pembekalan Program Pengenalan Lapangan Pendidikan (PLP) pada tanggal 10 Januari 2024. Acara ini diikuti oleh seluruh mahasiswa MPI peserta PLP tahun 2024 dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Kegiatan ini dibuka oleh Kaprodi MPI, Muwafiqus Shobri, M.Pd.I, yang memberikan arahan dan motivasi kepada mahasiswa MPI mengenai pentingnya PLP dalam pengembangan keterampilan praktis dan pemahaman langsung tentang dunia manajemen pendidikan. Beliau menekankan bahwa PLP merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan teori-teori yang telah dipelajari di kelas ke dalam situasi nyata di lapangan, Selain itu juga Beliau menjelaskan isi Pedoman PLP Prodi MPI 2024 secara singkat jelas dan padat.

Acara Pembekalan PLP kali ini melibatkan 4 kelompok mahasiswa yang akan praktek manajemen pendidikan di Kota Mojokerto dan 2 kelompok di Pulau Bawean. Setiap kelompok didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan yang akan memberikan panduan dan bimbingan selama kegiatan PLP berlangsung.

Ketua Panitia, Nurul Huda, M.Pd.I, menyampaikan bahwa kegiatan PLP di Prodi MPI ini dirancang untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam berbagai aspek manajemen pendidikan, termasuk perencanaan dan pengembangan mutu lembaga pendidikan, serta kerja sama dengan berbagai pihak di lingkungan pendidikan. “Kami berharap melalui kegiatan PLP ini, mahasiswa dapat mengasah keterampilan praktis mereka, memperluas jaringan kerja, dan mendapatkan wawasan yang mendalam tentang realitas dunia pendidikan,” ujarnya.

Kegiatan PLP ini dijadwalkan berlangsung selama 4 (empat) minggu, di mana mahasiswa akan terlibat dalam berbagai kegiatan observasi, partisipasi, dan kerja manajerial dan teknis yang dirancang untuk memperkaya pemahaman dan pengalaman mereka tentang dunia pendidikan sesuai pedoman PLP Prodi MPI.

Semoga kegiatan PLP ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi pengembangan profesional dan pribadi para mahasiswa khususnya di Prodi MPI STAI Hasan Jufri Bawean. Aamiin (Red)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *