MPI STAIHA Gelar Webinar Nasional dengan Tema “Kupas Tuntas Metodologi Penelitian MPI”

Bawean, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam STAI Hasan Jufri Bawean menggelar Webinar yang bertajuk tentang “Kupas Tuntas Metodologi Penelitian Manajemen Pendidikan Islam” pada hari Kamis (11/11/2021) tepat pukul 09.00 wib acara dimulai dengan Moderator yaitu salah satu dosen Prodi MPI yakni ibu Defi Dachlian Nurdiana, M.Si  dan host yang di pandu oleh mahasiswa semester 5  Prodi MPI yakni Siti Zaenab. Acara webinar diakhiri pada pukul 12.30 wib yang diikuti oleh 86 peserta dengan kategori mahasiswa dan dosen yang berasal dari STAI Hasan Jufri Bawean, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto, IAI Ngawi, Universitas Muhammadiyah Malang, IAI Al Khoirot Pamekasan, STAI Ma’had Aly Al Hikam Malang, IAI Darullughhah Wadda’wah Bangil Pasuruan dan Universitas Bakti Indonesia Banyuwangi.

Webinar ini terselenggara sebagai tindak lanjut dari kerjasama yang telah di buat antara STAI Hasan Jufri Bawean dengan IKHAC Mojokerto juga dengan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebelumnya. Dalam webinar prodi MPI ini juga menghadirkan nara sumber yang sangat kompeten dan profesional di bidangnya yaitu Dr. Imam Machali, S.Pd.I, M.Pd dari UIN Sunan Kalijaga dan Dr. Ari Kartiko dari kampus IKHAC Mojokerto.

Tujuan diadakannya webinar ini yaitu untuk membuka cakrawala pengetahuan mahasiswa Prodi MPI khususnya tentang metodologi penelitian, dengan harapan ada semacam pembekalan ilmu pengetahuan baru khususnya bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri untuk melaksanakan tugas akhir dalam penyusunan karya tulis ilmiah yang berupa skripsi dan pada umumnya untuk dosen dalam mengembangkan keilmuannya tentang penelitian dan pengabdian masyarakat.

Dr. Imam machali menyampaikan bahwa kunci utama dalam penelitian yakni “menulis ya harus membaca”, karena menulis dan membaca merupakan satu angkaian kegiatan yang tidak terpisahkan satu sama lain. Selain itu, seorang peneliti harus mempunyai wawasan yang luas sebelum melakukan penelitian baik menggunakan metode kualitatif maupun kuantitatif” tutur Dr. Ari Kartiko dalam pertnyataan akhir webinar. “Sebagai seorang mahasiswa, pemahaman tentang metodologi penelitian itu sangat diperlukan, khususnya mahsiswa prodi MPI semester akhir dalam menyelesaikan tugas akhir dalam bentuk skripsi maupun jurnal ilmiah. Sehingga dalam webinar ini mahasiswa di harapkan bisa ikut aktif menyimak dan bertanya dalam sesi diskusi di webinar kali ini,” kata bapak Muwafiqus Shobri, M.Pd.I. sebagai Kaprodi di program studi Manajemen Pendidikan Islam STAI hasan Jufri. (df).

Download Materi Webinar

  1. Pengantar Metodologi Penelitian MPI
  2. Metode Penelitian Kuantitatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *