Strategi yang digunakan oleh program studi agar dihasilkan sarjana Manajemen Pendidikan Islam (MPI) yang menguasai bermacam-macam metode dan teknik administrasi dan manajemen yang efektif dan efesien sesuai dengan tuntutan era otonomisasi dan desentralisasi pendidikan adalah:
- Memilih dosen yang memiliki kompetensi sesuai dengan matakuliah yang diampu.
- Melakukan pembinaan atau tutotial (studi club) untuk meningkatkan kemampuan pengembangan metode dan teknik Manajemen Pendidikan Islam (MPI).
- Melatih kepekaan mahasiswa terhadap problematika pendidikan melalui observasi kelas pada kegiatan PPL.
Melengkapi literatur dan buku teks Manajemen Pendidikan Islam (MPI) ditingkat jurusan yang mendukung subyect matters. - Melakukan peninjauan ulang silabus matakuliah berkaitan dengan kedalaman dan keluasan indikator kompetensi dan ruang lingkup materi dengan mengkonsultasikan pada expert sesuai dengan mata kuliah tersebut.
Strategi yang digunakan oleh program studi agar menghasilkan sarjana Manajemen Pendidikan Islam (MPI) yang memiliki kecerdasan spiritual, emosional dan intelektual adalah:
- Penguatan dan pembentukan kepribadian Islam melalui pemberian matakuliah keislaman dan kepesantrenan.
- Pembiasaan berkepribadian Islami yang berkarakter pesantren di lingkungan STAIHasan Jufri Bawean.
- Pembinaan mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pada bidang Keagamaan, bidang Seni dan Olahraga, dan bidang Pecinta Alam.
Strategi yang digunakan oleh program studi agar menghasilkan sarjana Manajemen Pendidikan Islam (MPI) yang mampu mengoperasionalkan bermacam-macam sarana dan teknologi informasi adalah:
- Melakukan pembinaan atau tutorial (studi club) untuk meningkatkan penguasaan mahasiswa terhadap penggunaan bermacam-macam sarana, teknologi informasi dan Manajemen Pendidikan Islam (MPI).
- Pembiasaan mahasiswa terhadap penggunaan macam-macam sarana, teknologi informasi dan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) melalui kegiatan magang di lembaga yang sesuai.
- Melengkapi sarana dan media pembelajaran.
- Melatih mahasiswa melalui kegiatan PPL disekolah/madrasah dan melibatkan mahasiswa dalam penelitian yang dilakukan oleh dosen