Update Profil Author dan Singkronisasi Data SINTA Dosen Prodi MPI STAIHA Bawean

MPISTAIHA – Ketua Program Studi MPI (Manajemen Pendidikan Islam) mendampingi para Dosen Tetap di lingkungan Prodi MPI STAI Hasan Jufri Bawean untuk melakukan Update Profil Author (Dosen) di Akun SINTA masing-masing, dilanjutkan dengan proses singkronisasi data SINTA dengan tujuan agar ke depan semua Dosen prodi MPI mampu mengupdate datanya sesuai dengan aktivitas masing-masing di akun SINTA.

SINTA (Science and Technology Index) merupakan portal yang berisi tentang pengukuran kinerja ilmu pengetahuan dan teknologi yang meliputi kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal dan kinerja institusi.

Dalam pendampingan kali ini ada beberapa hal yang telah dilakukan oleh Dosen Prodi MPI antara lain; 1). Membuat akun SINTA (bagi dosen baru) untuk mendapatkan ID SINTA, 2). Update Academic Grade (Jabatan Fungsional) bagi dosen MPI yang sudah Lektor, 3). Mengetahui ID Garuda bagi Dosen yang sudah punya artikel jurnal terindeks Garuda, 4). Membuat akun WOS (Web of Sience) untuk mendapatkan ID WOS sekaligus input data artikel penelitian di WOS, 5). Membuat akun ORCID (Connecting research and researchers ID) untuk mendapatkan ID ORCID serta input data artikel penelitian di ORCID, dan 6). Singkronisasi Data SINTA dengan Garuda dan Google Scholar.

“ID SINTA, GARUDA, Google Scholar, WOS, ORCID dan Scopus merupakan gambaran awal dari semua data tentang aktivitas dosen yang menjadi sangat penting sebagai ukuran produktivitasnya. Maka dari itu semua dosen khususnya di Prodi MPI STAI Hasan Jufri Bawean harus mampu untuk selalu mengupdate datanya menyesuaikan dengan aktivitas masing-masing” ungkap Muwafiqus Shobri (Kaprodi MPI)

SINTA selain merupakan platform yang berkaitan dengan kinerja penelitian dosen yang dipublikasikan, juga berkaitan dengan karya dosen berupa buku berISBN, HKI (Hak Kekayaan Intelektual), data pengabdian kepada masyarakat dan penelitian yang tidak dipublikasikan serta prototype. Semua dosen MPI STAI Hasan Jufri Bawean yang punya luaran tersebut juga didampingi untuk mengupdate datanya masing-masing di SINTA.

Kegiatan pendampingan yang dimaksudkan untuk meningkatkan visibilitas Prodi MPI melalui peningkatan score SINTA Dosen ini diikuti oleh 5 orang Dosen Tetap MPI di RM. Sapentana Sungaitopo Bawean pada hari Senin, 13 Februari 2023. Walaupun tanpa seremonial, Alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar sehingga semua akun SINTA Dosen MPI peserta pendampingan terupdate dan tersingkron dengan semestinya dan score Dosen MPI juga sudah tercatat meningkat sebagaimana yang diharapkan. (red)

Berikut perubahan datanya setelah update

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *