VISI
Terwujudnya Program Studi yang Unggul dan Kompetitif di bidang Manajemen Pendidikan Islam berbasis Entrepreneurship di Jawa Timur pada tahun 2035.
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan, pengajaran dan pelatihan dalam bidang manajemen pendidikan islam secara profesional.
- Melaksanakan penelitian dalam pengembangan keilmuan dan karya inovatif yang relevan dengan disiplin keilmuan di bidang manajemen pendidikan Islam.
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang manajemen pendidikan berbasis nilai keislaman dan kearifan lokal secara profesional.
- Melaksanakan kerjasama yang saling menguntungkan dengan pihak pemerintah, swasta, dan lembaga pendidikan tinggi serta lembaga mitra dalam meningkatkan mutu manajemen pendidikan Islam.
TUJUAN
- Menghasilkan Pengelola Lembaga Pendidikan atau Tenaga Kependidikan yang berkepribadian baik, profesional, dan memiliki kemampuan manajerial serta keahlian dalam bidang manajemen pendidikan islam.
- Menghasilkan Asisten Peneliti Pendidikan yang mampu melakukan penelitian secara objektif, dinamis, aktual, dan sistematis khususnya di bidang manajemen pendidikan islam.
- Menghasilkan Asisten Konsultan Pendidikan yang memiliki jiwa managerial dan profesional untuk meningkatkan mutu manajemen lembaga pendidikan islam baik formal maupun non formal.
- Menghasilkan Entrepreneur Pendidikan yang berjiwa edupreneur, berwawasan luas di bidangnya dan mampu bekerjasama dengan berbagai pihak dalam meningkatkan mutu manajemen pendidikan Islam.
STRATEGI
Strategi Pencapaian Visi “Terwujudnya Program Studi yang Unggul dan Kompetitif di bidang Manajemen Pendidikan Islam berbasis Entrepreneurship di Jawa Timur pada Tahun 2035” dengan Tujuan sebagai berikut:
a. Pengembangan Kurikulum yang Relevan:
- Merevisi kurikulum untuk memastikan mencakup pemahaman mendalam tentang manajemen pendidikan Islam dan pengembangan keahlian manajerial dan kewirausahaan.
- Memperkaya kurikulum dengan mata kuliah yang fokus pada prinsip-prinsip manajemen pendidikan Islam, inovasi, kewirausahaan, dan pengembangan kepribadian yang baik.
- Mengintegrasikan pembelajaran praktis dan proyek berbasis industri untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja yang dinamis.
b. Peningkatan Kualitas Pengajaran dan Pembelajaran:
- Melibatkan dosen yang memiliki kompetensi dan pengalaman dalam manajemen pendidikan Islam berbasis entrepreneurship.
- Menerapkan metode pembelajaran yang aktif, kolaboratif, dan memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam merancang dan mengelola program pendidikan Islam.
- Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pengajaran untuk meningkatkan interaktivitas dan efisiensi.
c. Pemberdayaan Dosen dan Mahasiswa:
- Memberikan pelatihan dan pengembangan kontinu kepada dosen untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang manajemen pendidikan Islam berbasis entrepreneurship.
- Mendukung partisipasi dosen dan mahasiswa dalam kegiatan riset, seminar, dan konferensi di bidang manajemen pendidikan Islam.
- Mendorong keterlibatan mahasiswa dalam organisasi, proyek, dan kegiatan ekstrakurikuler yang berhubungan dengan manajemen pendidikan Islam dan kewirausahaan.
d. Pengembangan Kemitraan dengan Industri dan Lembaga Pendidikan:
- Menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan, organisasi industri, dan komunitas untuk mendapatkan pengalaman praktis dan pemahaman tentang kebutuhan industri.
- Menyelenggarakan magang, kunjungan industri, dan lokakarya yang melibatkan praktisi dan pakar industri untuk memberikan wawasan tentang manajemen pendidikan Islam berbasis entrepreneurship.
- Membangun jaringan alumni yang kuat untuk memfasilitasi kolaborasi, pertukaran pengetahuan, dan peluang kerja.
e. Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat:
- Mendorong dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian yang relevan dengan manajemen pendidikan Islam berbasis entrepreneurship.
- Menyediakan dukungan dan fasilitas penelitian yang memadai untuk mendorong pengembangan pengetahuan baru dan inovasi di bidang tersebut.
- Menghubungkan penelitian dengan pengabdian kepada masyarakat untuk memberikan solusi terhadap masalah-masalah di bidang manajemen pendidikan Islam.
f. Evaluasi dan Perbaikan Berkelanjutan:
- Melakukan evaluasi berkala terhadap kurikulum, pengajaran, dan program-program lainnya untuk memastikan kesesuaian dengan kebutuhan dan perkembangan terkini.
- Mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa, alumni, pemangku kepentingan industri, dan masyarakat untuk mengidentifikasi area perbaikan dan mengadopsi perubahan yang diperlukan.
- Menerapkan siklus perbaikan berkelanjutan berdasarkan hasil evaluasi dan umpan balik untuk memastikan program studi tetap unggul dan kompetitif.