Workshop Pembuatan Media Pembelajaran berbasis Google Sites di UPT SMPN 19 Gresik

UPT SMPN 19 Gresik menggelar Workshop bertema “Pembuatan Media Pembelajaran berbasis Google Sites” hari ini Kamis (16/02/2023) dengan menghadirkan Muwafiqus Shobri, M.Pd.I Dosen Prodi MPI STAI Hasan Jufri Bawean sebagai narasumber dalam kegiatan ini.

Google Sites merupakan tools pembuat situs yang populer karena memiliki sejumlah kelebihan. Pertama, tools ini tidak memungut biaya atau gratis. Kedua, proses membuat situs menggunakan Google Sites sangatlah mudah dibuat. Ketiga, tools ini memungkinkan pengguna berkolaborasi dalam pemanfaatannya. Keempat, tools ini menyediakan 100 MB penyimpanan online gratis. dan Kelima, mudah ditelusuri menggunakan mesin pencarian Google.

Kepala Sekolah UPT SMP Negeri 19 Gresik, Bapak Subur, M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan workshop semacam ini ini diharapkan dapat menambah wawasan para Guru utamanya di bidang teknologi digital.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 jam mulai pukul 10:00 wib – 13.00 wib, diawali dengan acara pembukaan oleh moderator (Qois Rifki – Mahasiswa Prodi MPI peserta PKL kelompok XI), sambutan Kepala Sekolah, dilanjut penyampaian materi oleh narasumber, kemudian praktek online membuat website media pembelajaran plus tanya jawab saat praktek, selanjutnya terakhir ditutup dengan Do’a.

Semua peserta workshop tampak antusias dan semangat mengikuti dan menyimak serta praktik online dari awal hingga akhir, walaupun memang terdapat sedikit kendala yakni signal internetnya tidak begitu kuat. Berikut beberapa hal yang telah dipraktekkan oleh peserta: 1). Membuat web google sites baru. 2). Membuat form daftar hadir, 3). upload materi pelajaran berupa video, teks, gambar, 4). membuat form tugas/evaluasi dan 5). menampilak hasil penilaian, 6). membuat kontak guru, 7) memasang pengumuman, dan 8). Memasasang logo dan vaficon, serta 9) menabahkan menu dan halaman baru di website media pembelajaran berbasis google sites.

PKL Kelompok XI: Qois Rifki, Syarifatul Ula Wardaniyah, Faidatul Bahiyah, Firdaus Agustinu, dan Yazid Ferdianto.

DPL: Muwafiqus Shobri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *