Workshop “Penggunaan Mendeley dan Quillbot untuk Sitasi dan Parafrase” Bagi Mahasiswa

MPISTAIHA – Ahad (21/1/2024) Kaprodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Muwafiqus Shobri, M.Pd.I., C.IJ yang sekaligus menjadi salah satu narasumber workshop kali ini, berkesempatan berbagi pengalaman, membahas dan menjelaskan serta mempraktekkan secara langsung penggunaan Mendeley dan Quillbot sebagai teknik sitasi dan parafrase otomatis bagi mahasiswa STAIHA Bawean. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan “Workshop Penulisan Karya Ilmiah dan Sitasi untuk Tugas Akhir (SKripsi, Jurnal dan Buku)” yang digelar selama dua hari, Sabtu-Ahad, 20-21 Januari 2024 oleh Panitia Tugas Akhir Mahasiswa Tahun Akademik 2023/2024. Hal ini dilakukan dalam upaya meningkatkan kualitas penulisan karya ilmiah dan mengasah kemampuan para mahasiswa semester akhir.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa semester akhir dari empat Program Studi, yaitu Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Hubungan Eksternal Syariah (HESY), Pendidikan Agama Islam (PAI), dan Hukum Keluarga Islam (HKI). Para peserta antusias mengikuti sesi-sesi pelatihan yang dirancang khusus untuk membekali mereka dengan keterampilan dan pengetahuan terkini dalam penulisan karya ilmiah.

Salah satu sorotan utama dari workshop ini adalah pelatihan intensif penggunaan Mendeley, alat manajemen referensi yang sangat berguna dalam menyusun daftar pustaka dan mengelola literatur penelitian. Selain itu, peserta juga dibekali dengan pemahaman mendalam mengenai Quillbot, alat paraphrasing yang dapat membantu mereka menghasilkan tulisan dengan gaya bahasa yang berbeda tanpa mengurangi substansi informasi.

Dalam pelatihannya, sebagai narasumber; Kaprodi MPI yang juga merupakan Konten kreator Admin channel MShobriTV, Muwafiqus Shobri, M.Pd.I., C.IJ, menyampaikan pentingnya penguasaan teknik sitasi dan parafrase dalam menunjang kualitas penulisan karya tulis ilmiah. “Workshop ini tidak hanya memberikan pemahaman teoritis, tetapi juga memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk praktik secara langsung menerapkan pengetahuan yang didapat. Penggunaan Mendeley dan Quillbot diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat proses penulisan tugas akhir mereka yang berupa karya tulis ilmiah baik skripsi, jurnal maupun buku” ujar Beliau.

Dalam workshop kali ini, selain mendapatkan wawasan dan teknik pengutipan secara mudah, Mahasiswa juga mendapat pengalaman dan praktik secara langsung untuk mendownload Aplikasi Mendeley baik yang mendeley dekstop maupun mendeley reference manager, teknik mensitasi secara otomatis dari google sholar, membuat daftar pustaka otomatis, memparafrase kutipan baik secara otomatis menggunakan bantuan aplikasi quillbot maupun teknik parafrase secara manual. selain itu untuk mempermudah mahasiswa bisa menulis dengan suara maupun merubah gambar teks menjadi teks yang dapat diedit di microsoft word mahasiswa dapat mempelajarinya di channel youtube MShobriTV.

Ketua Panitia Tugas Akhir Mahasiswa, Ansharuddin M, M.Pd.I, turut memberikan sambutan dan berharap bahwa workshop ini akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas Tugas Akhir mahasiswa. “Kami berusaha menciptakan lingkungan belajar yang inovatif dan mendukung para mahasiswa untuk meraih keberhasilan dalam menyelesaikan studi mereka,” tambahnya.

Dengan semangat yang tinggi dan antusiasme para peserta, Workshop Penulisan Karya Ilmiah dan Sitasi untuk Tugas Akhir ini diharapkan dapat menjadi langkah awal menuju penulisan ilmiah yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *