Asesmen Lapangan (AL) Prodi MPI STAI Hasan Jufri Bawean

Bawean – Sebagai langkah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Hasan Jufri Bawean telah berhasil melaksanakan Asesmen Lapangan (AL) pada tanggal 14-17 Desember 2023. Kegiatan tersebut melibatkan Dr. Zainal Arifin, M.S.I., seorang asesor dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, dan Dr. Safrul, M.Pd., asesor dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

AL merupakan proses evaluasi yang mendalam dan komprehensif untuk menilai kualitas dan kelayakan suatu program studi. Proses ini mencakup penilaian terhadap kurikulum, pembelajaran, fasilitas, tenaga pengajar, dan berbagai aspek lainnya yang mempengaruhi mutu pendidikan.

Dr. Zainal Arifin, M.S.I., sebagai asesor utama dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, menyampaikan apresiasinya terhadap komitmen STAI Hasan Jufri Bawean dalam menjalani AL. “Saya melihat kesiapan dan kerja keras dari seluruh pihak terkait dalam menjalani proses AL ini. Hal ini mencerminkan komitmen mereka untuk terus meningkatkan mutu pendidikan di Program Studi Manajemen Pendidikan Islam,” ujarnya.

Dr. Safrul, M.Pd., asesor dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, juga menambahkan, “Saya melihat potensi besar dalam pengembangan program studi ini. Dengan beberapa catatan dan rekomendasi, saya yakin STAI Hasan Jufri Bawean dapat meraih prestasi lebih tinggi di masa mendatang.”

Selama dua hari penuh, tim asesor melakukan observasi, wawancara, dan penelusuran dokumen terkait untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang kondisi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam di STAI Hasan Jufri Bawean.

Kaprodi MPI STAI Hasan Jufri Bawean, Muwafiqus Shobri, M.Pd.I, menyampaikan terima kasih atas dukungan dan bimbingan dari para asesor. “Kami berkomitmen untuk terus berbenah dan meningkatkan kualitas pendidikan di Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Masukan dari AL ini akan menjadi pedoman berharga bagi kami dalam mengambil langkah-langkah perbaikan yang diperlukan,” ujarnya

Dengan selesainya AL ini, diharapkan STAI Hasan Jufri Bawean dapat terus menunjukkan perkembangan positif dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi, khususnya Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

 355 total views,  1 views today