Mahasiswa MPI laksanakan kegiatan PkM rutin: Bersih-bersih Masjid di Pulau Bawean

Bawean, 28 Oktober 2023 – Mahasiswa Semester 1 Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Hasan Jufri Bawean turut berperan aktif dalam pengabdian kepada masyarakat dengan membersihkan Masjid Darul Muttaqin yang berlokasi di Dusun Bangsal, Desa Dekatagung, pada hari Sabtu, 28 Oktober 2023.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diinisiasi oleh mahasiswa MPI STAI Hasan Jufri Bawean sebagai salah satu bentuk kontribusi mereka terhadap lingkungan sekitar serta dalam upaya menjaga kebersihan dan kenyamanan tempat ibadah. Masjid Darul Muttaqin, yang telah menjadi pusat aktivitas keagamaan di wilayah ini, mendapat perhatian khusus dalam program pengabdian ini.

Dengan semangat kebersamaan, lebih dari 30 mahasiswa Semester 1 MPI STAI Hasan Jufri Bawean turut serta dalam kegiatan membersihkan dan merawat Masjid Darul Muttaqin. Mereka bahu-membahu membersihkan seluruh ruang masjid, termasuk halaman, pelataran, dan area sekitar masjid. Kegiatan ini melibatkan berbagai tugas, mulai dari membersihkan lantai, menyapu halaman, membersihkan perabotan masjid, hingga merawat taman sekitar.

@mpistaiha

Dalam sambutannya, Kaprodi MPI STAI Hasan Jufri Bawean, Muwafiqus Shobri, M.Pd.I, menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh terhadap mahasiswa yang telah berperan aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Ia menyatakan, “Kegiatan seperti ini adalah wujud nyata dari dharma pendidikan tinggi terhadap masyarakat. Kami berharap kegiatan semacam ini bisa terus berlanjut dan menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya, khususnya di prodi MPI STAI Hasan Jufri Bawean.”

Kegiatan bersih-bersih Masjid Darul Muttaqin ini juga mendapat sambutan positif dari warga sekitar dan pengurus masjid. Mereka merasa senang dan bersyukur atas kehadiran mahasiswa STAI Hasan Jufri Bawean yang telah memberikan kontribusi berarti bagi komunitas mereka. Kegiatan ini bukan hanya berdampak positif pada kebersihan masjid, tetapi juga memperkuat ikatan antara perguruan tinggi dengan masyarakat setempat.

@mpistaiha

Sebagai bagian dari pengabdian mereka, mahasiswa MPI STAI Hasan Jufri Bawean berkomitmen untuk terus mendukung upaya menjaga kebersihan dan kenyamanan Masjid di Pulau Bawean, serta berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan pengabdian kepada masyarakat lainnya di masa yang akan datang.

Pengabdian kepada masyarakat seperti ini tidak hanya membantu memelihara fasilitas publik yang penting, tetapi juga memperkuat nilai-nilai gotong-royong, solidaritas, dan tanggung jawab sosial di kalangan mahasiswa. Semoga kegiatan semacam ini terus menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk turut serta dalam berkontribusi positif pada masyarakat dan lingkungan sekitar.

@hima_mpistaiha

”Insya Allah kegiatan semacam ini, akan dilakukan secara rutin dan bergilir dari masjid ke masjid di Pulau Bawean dan menjadi program kami yang akan dilakukan sebulan dua kali” Tutur Syahrul Gunawan Ketua kelas semester 1 Prodi MPI STAI Hasan Jufri Bawean.

 163 total views,  1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *